Tindaklanjuti Kunjungan Menlu, PT INKA Garap Pasar Mozambique

By Admin

nusakini.com--PT. Industri Kereta Api (INKA) yang dipimpin General Manager Overseas Marketing and Product Development Bambang Kushendarto melawat ke Maputo, 19 - 23 Mei 2017. Lawatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menlu RI ke Maputo pada Februari 2017 dan kunjungan Presiden Mozambique ke Jakarta pada Maret 2017) untuk membidik pasar Mozambique. 

Dalam dua kesempatan itu, Pemerintah kedua negara mewadahi pertemuan antar pelaku usaha. Kali ini, Kementerian Luar Negeri dan KBRI Maputo memfasilitasi rangkaian pertemuan PT. INKA dengan pejabat pemerintah dan pengusaha Mozambique. 

“Saat bertemu Menteri Transportasi dan Komunikasi Carlos A. Fortes Mesquita, PT. INKA mendapat tawaran untuk berpartisipasi dalam pengadaan lokomotif dan gerbong untuk mendukung 2 jalur kereta api yang telah beroperasi (Resano Garcia - Maputo dan Moatize - Beira), serta 1 jalur lain yang tengah dalam tahap perencanaan,” jelas Duta Besar RI Maputo Tito dos Santos Baptista yang hadir dalam pertemuan itu. 

Sementara itu, lanjut Dubes Tito, pertemuan dengan operator transportasi kereta api Caminhos de Ferro de Mocambique dan perusahaan Mozambique Tes - Top Limitada buahkan peluang bagi PT. INKA untuk ambil bagian dalam pengadaan cargo/freight wagons dan suku cadang kereta api. 

Tidak terbatas pada produk-produk kereta api, perusahaan Mozambique juga menyampaikan ketertarikan terhadap bus yang diproduksi PT. INKA (termasuk suku cadang dan pelatihan bagi teknisi perawatan). 

“Pengusaha Mozambique juga mengharapkan kunjungan kali ini dapat diikuti dengan kunjungan berikutnya untuk melakukan pembicaraan yang lebih teknis,” tuturnya. (p/ab)